Ramadhan Bulan Berkah Bagi Umat Islam

Kesehatan 2

Ramadhan adalah bulan yang di tunggu – tunggu oleh semua umat islam, baik yang muda maupun yang tua. Di bulan ini kita bisa merasakan bagaimana rasanya makan dan minum seharian layaknya orang yang tidak mampu. Berbeda dengan puasa yang lainnya, puasa di bulan ramadhan itu wajib hukumnya. Pada bulan ramadhan atau biasa di sebut bulan puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, kita juga harus menahan hawa nafsu. Kata puasa dalam bahasa arab yaitu shaum atau shiyam yang artinya menahan diri, nah untuk itu lah kita harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu.
Bagi yang menjalankan puasa di bulan ramadhan, Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat untuk melakukan ibadah atau perbuatan lainnya. Bagi yang berhalangan untuk puasa, seperti sakit, haid, ibu menyusui, baru melahirkan dan lain- lain dianjurkan untuk menggantinya di lain waktu kecuali hari yang di haramkan untuk berpuasa. Berbeda dengan yang tidak puasa tanpa alasan dan sengaja itu malah hanya menambah dosa di bulan ramadhan.
Pada bulan ini ada malam yang lebih baik dari seribu bulan (± 83 tahun) dan diperingati sebagai malam diturukannya AL- Qur’an yaitu malam Lailatul Qadar. Keistimewaan malam itu terdapat pada surat Al-Qadar surat ke-97 dalam Al-Qur’an. Berdasarkan hadist dari Aisyah yang mengatakan :” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan dan dia bersabda, yang artinya: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon” (HR:Bukhari dan Muslim).
Semoga melalui bulan puasa/ ramadhan ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bisa beribadah lebih rajin dari hari kemarin, serta bisa menahan diri dari hawa nafsu. Amiin

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. author

    IsmailMei 16, 2019 at 12:19 pmReply

    Mantaaappp…..out of box

    • author Author

      aurelMei 16, 2019 at 4:05 pmReply

      Assallamualaikum Terimakasih, semoga bermafaat. 🙂

Tinggalkan Balasan