Manfaat Dan Bahaya Tutut

Kesehatan 0

Keong sawah atau yang sering di sebut tutut adalah makanan yang paling dicari saat bulan ramadhan.
Cukup dengan Rp. 5.000,00,- anda bisa membeli tutut 1porsi yang di jual oleh pedagang kaki lima atau warung yang menyediakan. Dengan rasanya yang gurih dan tekstur danging yang kenyal, membuat tutut disukai masyarakat. Tutut sendiri memiliki kandungan gizi tinggi, tapi dibalik gizi tinggi ada bahaya yang bisa membuat kita keracunan. Bagaimana juga cara pengolahan dan masaknya.

Berdasarkan berita dari Kompas.com, tutut menyebabkan 108 orang warga bogor keracunan karena pengolahannya yang kurang bersih. Para korban mengeluhkan mual, pusing, muntah-muntah, hingga demam setelah memakan tutut ketika berbuka.

Meski begitu, ternyata tutut sebagai sumber pangan alternatif memiliki manfaat dan kaya akan protein. Dari 100gram daging tutut saja terdapat 83 kalori, 12,2 gram protein, 6,6 gram karbohidrat, 61 mg fosfor, 40 mg sodium, 17 mg potasium, 12 mg riboflavin, 1,8 mg niacin dan 3,2 gram ash. Untuk mendapat manfaat dari tutut anda harus merendam tutut selama 2 hari tanpa diberi makanan dan air diganti sebanyak 6x guna membersihkan dan mengkosongkan usus tutut yang menjadi sarang parasit dan rendam di air panas selama 3menit.

Begitulah kiranya manfaat dan bahayanya tutut, cara diatas cukup sederhana tapi bisa mengurangi risiko keracunan oleh yang di sebabkan parasit. Sebelum membeli tutut dari pedagang kaki lima, perhatikan penampilan dan area sekitar dia berjualan karna itu yang biasanya mencerminkan diri si pedagang.

Tags:
Rate this article!
Manfaat Dan Bahaya Tutut,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan