Kolera Penyakit Mematikan Dengan Gejala Sepele

Kesehatan 0

Kolera adalah penyakit yang di sebabkan karena infeksi bakteri yang bisa membuat dehidrasi akibat diare parah. Kolera biasanya menular melalui air yang terkontaminasi. Kolera mewabah di daerah pemukiman yang padat tanpa sanitasi yang memadai. Pertolongan pertama yang sederhana untuk melawan kolera cukup minum oralit, guna mencegah dehidrasi akibat diare dan bisa menyebabkan kematian hanya dalam hitungan jam saja setelah terjangkit kolera.
Dari semua korban kolera hanya 10% yang mengalami gejala diare parah dan 90% tidak mengalami gejala, sehingga tidak sadar bahwa mereka terinfeksi bakteri kolera. Meski tidak sadar terkena infeksi, masih bisa menularkan kolera kepada orang lain melalui kotorannya/ tinja yang mengandung bakteri kolera dan mencemari air selama 1-2 pekan. Orang dengan golangan darah O memiliki risiko terjangkit kolera 2x lipat lebih besar dari golongan darah lainnya.
Berikut adalah gejala kolera yang mungkin terjadi : Diare parah secara tiba-tiba dengan wajah yang terlihat pucat, Mual dan muntah pada awal terinfeksi, Kram perut, dehidrasi, mulut terasa kering, mata cekung, mudah marah, merasa sangat haus, tubuh lesu, hipotensis atau tekanan darah rendah, letargi, urine yang keluar hanya sedikit atau bahkan tidak ada, kulit berkerut dan kering.
Dampak paling fatal kolera adalah kematian yang dapat terjadi dalam hitungan jam saja. Langkah-langkah pengobatan darurat dapat berupa : pemberian oralit, peberian infus, pemberian suplemen seng, pemberian anti biotik.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan