Kenali Gejala Bahaya Demam Tipes

Kesehatan 0

Tipes atau Demam Typhoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi pada usus halus. Bakteri Salmonella terdapat pada tinja atau kotoran hewan, yang menginfeksi manusia melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit ini banyak dialami anak-anak. Tipes dapat menular dengan cepat jika terkena urine yang terinfeksi bakteri. Demam adalah gejala paling umum ketika seseorang mengalami tipes, panas tubuh bisa mencapai 39,4 atau 400 C.
Selain demam tinggi ada juga beberapa gejala yang akan and rasakan setelah terkena infeksi bakteri Salmonella, antara lain : Diare, Sakit kepala, Sakit perut, Batuk kering, Mual muntah, Nyeri otot, Tidak nafsu makan, Sakit perut, Pegal-pegal, Lemas. Komplikasi yang paling serius dari demam tipes adalah pendarahan usus, peradangan otot jantung, peradangan katup dan lapisan jantung, paru-paru basah, peradangan pankreas, infeksi ginjal atau kandung kemih,
Pencegahan tipes bisa dilakukan dengan suntik vaksin tifoid. Vaksin tifoid merupakan imunisasi yang dianjurkan oleh pemerintah. Anak yang sudah diberikan vaksin tifoid tetap dapat terinfeksi, namun tidak akan seberat anak yang belum di vaksin. Tindakan pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.
Cara yang paling efektif untuk menangani tipes adalah dengan meminum air dengan campuran cacing tanah. Cara itu termasuk kedalam jeni obat herbal karena alami.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan